Bupati Kab.Siak,Rapat Kerja Penyelarasan Rencana Program Tahun2022,di Kec.Lubuk Dalam

SIAK ( Bingkai Riau ) - Bupati Kabupaten Siak,Hadir lansung,pada Rapat Kerja Program untuk Penyelarasan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Prasejahtera,Tahun 2022,yang di laksnakan di Aula kantor Penghulu,Kampung Sri Gading, Kecamatan Lubuk Dalam.rabu (21/4/2021)

Bupati Alfedri Mengharapkan Program yang di Rencanakan tahun 2022 mendatang, di kecamatan Lubuk Dalam ada Usaha - usaha Pembuat alat keperluan Perkebunan sawit,salah satunya,seperti Usaha Pandai Besi.

"Saya minta di Lubuk Dalam ini, ada Usaha Pandai besi, Kita satu Kabupaten ini tak ada yang Memiliki Usaha Pandai besi, yang Membuat dodos,Selama ini kita Membeli Produk dari Kampar,Kita Memiliki Kebun sawit di Siak ini luasnya 342 ribu hektar, tentu kita perlu Alat dodos ya pak ibu" ujar Alfedri

Lanjutnya,Potensi usaha ini memiliki Nilai Ekonomi yang cukup Besar, karena semua Warga yang Memiliki Kebun sawit di Siak ini Membutuhkan Alat alat Pertanian,Seperti dodos sawit, Untuk itu Mohon Kepada Camat di data Usaha Pandai besi yang sudah ada di Sekecamatan Lubuk dalam.

"Nanti kita masukan ke dalam Program Usaha UMKM, selain itu di sini ada Usaha Keripik tempe dan ubi,Jadi Mohon di Data semua UMKM yang sudah Berjalan, nanti kita Rapatkan lagi untuk di tetapkan di satu Kampung,Produk apa yang cocok di kembangkan", ungkapnya.

Bupati Alfedri juga menyampaikan Pemanfaatan Dana Desa,60 persen, Merupakan Kebijakan Presiden, yang di arahkan untuk Peningkatan Ekonomi dan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Pembanguan Penting, tapi ada yang lebih penting lagi,yaitu Pembangunan manusia,Kita bangun Manusianya melalui Penguatan Ekonomi dan Peningkatan SDM.

Infrastruktur boleh, tapi Infrastruktur yang bersentuhan langsung untuk Peningkatan Ekonomi dan SDM.

Jadi Pak penghulu,Mohon Kerjasamanya nya,Kapan lagi kita Membantu Saudara kita yang Kurang mampu,Inilah saatnya”, ungkapnya.

Dari Data yang di Peroleh,Jumlah PKH untuk Kampung Sri Gading, Berjumlah 58 orang, dalam Rapat itu terdapat Beragam Usulan, diantaranya,Tanam Cabe merah, Usaha keripik Ubi dan Keripik tempe,Ternak ayam dan Burung puyuh,Tani Jangung dan Palawija.

"Kita pegang Data Pra sejahtra ini 58 dulu, sehingga 2022 sudah dapat Data siapa, dari Kampung mana dan Apa yang dibuat dari Desa mana, Kita sudah tahu, Tinggal kita Bagaimana Berupaya melakukan Pendampingan, dari Pak Penghulu dari Sarjana Pendamping Desa, PPL dan petugas PKH dari dinas Sosial", tegasnya.

Ia Mengingatkan, dalam Perjalannya nanti,Pemanfaatan Dana Pemerintah Admintrasi menjadi Perhatian,Niatnya Baik, namun Salah dalam Penganggaran, bisa berakibat Fatal nantinya.

"Jangan samapi Niat baik kita,Berakibat buruk bagi kita, Ini Saya sampaikan kepada Pak Penghulu, agar menjadi Perhatian", tutupnya.***(@nd)