Temui Kakanwil Kemenkumham, Bupati Rohil Bahas Rencana Pembangunan Lapas Ujung Tanjung

Pekanbaru (Bingkai Riau) - Bupati Rohil H Suyatno melakukan temu ramah dengan Kakanwil Kemenkumham Riau di Pekanbaru, Jumat (26/6/2020). Hal ini dilakukan dalam rangka silaturahmi sebelum mengikuti rapat persiapan MTQ Tingkat Provinsi Riau di kantor Gubernur Riau. 
 
Pertemuan yang terlihat akrab penuh kekeluargaan membahas banyak hal tentang kondisi terkini Lapas Bagansiapiapi. Mengenai rencana pembangunan Lapas baru yang berlokasi di Kecamatan Ujung Tanjung diapresiasi Suyatno. Mengingat kapasitas hunian Lapas Bagansiapiapi sekarang sudah memprihatinkan.
 
 
Kakanwil Kumham Riau Drs Ibnu Chuldun menyampaikan dalam waktu dekat akan melakukan peninjauan ke Rohil terkait rencana pembangunan Lapas tersebut pada 2021. Standar bangunan juga nanti menyesuaikan karena kelasnya telah naik menjadi kelas 2A.
 
"Insya Allah Kamis depan saya dan tim akan ke Rohil untuk meninjau langsung kondisi terkini Lapas kita disana. Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir selama ini telah banyak membantu Lapas Bagansiapiapi dan Lahan peruntukan Lapas baru. Pemkab Rohil telah membantu lahan 10 hektar yang berlokasi di Ujung Tanjung dan ini sangat luar biasa karena kebutuhan awalnya cuma 5 hektar. Dan perencanaannya tahun ini akan menyesuaikan kebutuhan dan spesifikasi Lapas kelas 2A nantiny," ujarnya.
 
Pada kesempatan ini Bupati H Suyatno yang didampingi Kasubbag DokPim, Hasnul Yamin menyampaikan bahwa kondisi terkini Lapas Bagansiapiapi sangat memprihatinkan. Ia ingin masyarakat binaan tersebut mendapat perhatian semua dan kelayakan. 
 
"Saya sering meninjau Lapas kita, terkadang kita adakan makan bersama untuk memperlihatkan kepada masyarakat binaan bahwa pemerintah daerah hadir dan tetap berupaya memberikan perhatian untuk warga binaan," jelasnya.
 
Tujuannya, lanjutnya, agar proses pembinaan tersebut berjalan sesuai dengan harapan pemerintah. Dengan adanya bantuan lahan Pemda untuk rencana pembangunan Lapas di Ujung Tanjung seluas 10 Hektar diharapkan akan menjadi fasilitas yang baik buat pembinaan nantinya. 
 
"Nanti diharapkan mungkin akan ada fasilitas olahraga, perkebunan, perbengkelan serta lainnya sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi Lembaga Pemasyarakatan, selanjutnya apabila semuanya berjalan sesuai rencana maka kita berharap bekas Lapas Bagansiapiapi sekarang bisa kita gunakan untuk pengembangan RSUD Pratomo Bagansiapiapi. Ini semua kita lakukan demi masyarakat khususnya Rokan Hilir," katanya.
 
Pembangunan Lapas Ujung Tanjung ini nantinya diharapkan bisa meningkatkan sinergisitas antar lembaga yang ada seperti Polres Rokan Hilir, Pengadilan Negeri serta mengurangi risiko yang selama ini tentang angkutan warga binaan dari Lapas Bagansiapi sekarang yang bila ingin bersidang harus ke Ujung Tanjung dan bersidang di waktu yang sangat terbatas.
 
"Maka diharapkan dengan adanya Lapas Ujung Tanjung nanti, segala sesuatunya bisa lebih maksimal pelayanannya," ujar Suyatno.
(BR1)