Puskesmas Umban Sari Rumbai Gelar Penjaringan Kesehatan di SMPN 29 Pekanbaru

Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMPN 29 Pekanbaru bekerja sama dengan pihak Puskesmas Umban Sari Kecamatan Rumbai melaksanakan penjaringan Kesehatan Peserta Didik Tahun 2019, pada hari Kamis (05/9/2019). Kegiatan ini sebagai peningkatan dan pemeliharaan kesehatan peserta didik.
 
Menurut Kepala SMPN 29 Pekanbaru, Zamhuri melalui Wakil Kesiswaan SMPN 29 Pekanbaru, Hj Emilidar Zulkarnaini SPd, kegiatan ini bertujuan untuk pemeriksaan dan pendataan kesehatan peserta didik secara berkala. 
"Untuk kegiatan ini, yang menjadi sasaran penjaringan adalah siswa kelas VII. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Puskemas Umban Sari secara terjadwal dan kegiatan itu dikoordinir oleh Koordinator Tim Penjaringan Puskesmas Umban Sari beserta tim lainnya," ujar Mimi sapaan dari Emilidar Zulkarnaini.
 
Mimi menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan melakukan pengisian kuesioner dan data peserta didik, pengukuran tinggi badan, penimbangan berat badan, test buta warna, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan kebersihan kuku dan telinga, serta pengecekan kesehatan mata.
 
"Kita sebagai pihak sekolah sangat menyambut baik kegiatan ini, karena sangat bermanfaat bagi peserta didik untuk mengetahui tentang kesehatan mereka," jelasnya.
 
Ia menambahkan, pada kegiatan penjaringan, para siswa diajak untuk mempraktikan cara menjaga kesehatan. Diantaranya dengan mengajak membawa sikat gigi dari rumah kemudian diberikan pemahaman cara menggosok gigi yang benar. 
 
"Selain itu siswa dikenalkan pula dengan pola hidup bersih dan sehat. Seperti melakukan cuci tangan, pelaksana program gizi dan UKS, juga melakukan pemeriksaan kondisi WC hingga kantin sekolah," tuturnya. (ade)