SMKN 6 Pekanbaru MoU dengan SMAN 7 Pekanbaru Untuk Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Sekolah

Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMKN 6 Pekanbaru lakukan kunjungan ke Perpustakaan Pelita Hati SMAN 7 Pekanbaru, Selasa (27/08/2019). Kunjungan tersebut, demi meningkatkan pelayanan serta profesionalisme dalam pengelolaan perpustakaan di SMKN 6 Pekanbaru.
 
Menurut Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Dr Hj Nurhafni MPd, perpustakaan merupakan jantung sekolah yang merupakan pusat segala literatur tersimpan didalamnya baik  tertulis maupun tidak tertulis. 
 
"Karenanya perlu adanya pengorganisasian yang baik, pemenuhan sarana dan prasarana yang memadai, pelayanan dan sirkulasi  yang memadai dan sebagainya," ujar Nurhafni.
 
Nurhafni mengatakan, kesemua syarat tersebut sudah dimiliki Perpustakaan Pelita Hati SMAN 7 Pekanbaru, hal ini dibuktikan dengan peraihan perpustakaan SMAN 7 Pekanbaru sebagai juara II pada perlombaan perpustakaan sekolah tingkat SMA Sederajat Se-Kota Pekanbaru. 
 
"Dalam rangka berbagi ilmu pengetahuan tentang perpustakaan, Perpustakaan Pelita Hati SMAN 7 Pekanbaru menerima kunjungan dari SMKN 6 Pekanbaru, yang terdiri dari dari Kepala SMKN 6 dan tim perpustakaan," ungkapnya.
 
Disampaikannya, dalam kunjungan tersebut tim perpustakaan SMKN 6 Pekanbaru menimba ilmu tentang perpustakaan yang baik, serta berbagi pengalaman tentang pengelolaan perpustakaan.
 
Sementara Kepala SMKN 6 Pekanbaru Dra Hj Geni Wilyarti MM menjelaskan, kunjungan itu guna menilik serta menimba ilmu di SMAN 7 Pekanbaru. 
 
"Sebagai sekolah yang berhasil menjuarai lomba perpustakaan tingkat kota, tentunya banyak hal yang dapat diserap dari fasilitas, ketenagakerjaan serta tata pengelolaan perpustakaan di SMAN 7 Pekanbaru. Kita juga berterimakasih kepada Kepala SMAN 7 Pekanbaru didampingi wakil dan kepala pustaka, telah menerima kami dengan baik," jelas Geni.
 
Geni juga menambahkan, kunjungan ini guna melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau kerjasama dengan SMAN 7 Pekanbaru tentang pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah SMKN 6 Pekanbaru. Ia mengatakan, selain menandatangani MoU, SMKN 6 Pekanbaru juga melakukan tinjauan ke Perpustakaan Pelita Hati SMAN 7 Pekanbaru.
 
Adapun tujuan perjanjian kerja sama ini lanjut Geni adalah, untuk membangun kerja sama dalam rangka mewujudkan perpustakaan sekolah sebagai pusat ilmu pengetahuan dan literasi yang meliputi kegiatan pendampingan, pelatihan, serta bimbingan menuju perpustakaan terstandarisasi nasional.
 
"Selain itu, juga untuk terjalinnya kerja sama bagi kedua belah pihak dalam pemanfaatan sumber daya manusia dan dana yang ada pada masing-masing pihak serta dalam bidang Innovasi dan kreatifitas perpustakaan," pungkasnya. (ade)